Jumat, 21 Oktober 2011

Windows 7 & Vista » Semua File Berekstensi .exe Otomatis Terbuka Oleh Windows Media Center.

Problem Windows 7 & Vista » Semua File Berekstensi .exe Otomatis Terbuka Oleh Windows Media Center.

Biasanya masalah seperti ini terjadi karena secara tidak sengaja membuka file yang berekstensi “.exe” dengan Windows Media Center. Ketika file dibuka keluar announcement yang mengatakan “Windows can’t open this file: bla.. bla.. bla..”, kemudian bacaan selanjutnya “What do you want to do?” anda memilih “Select a program from a list of installed programs”. Biasanya untuk file semacam ini langsung point ke Windows Media Center.

Seumpama anda tekan tombol “OK” tanpa melihat dengan teliti termasuk opsi “Always use the selected program to open this kind of file” masih tercentang, maka semua file yang berextensi “.exe” nantinya akan selalu terbuka oleh program Windows Media Player Center.

File-file video, audio (MP3, WMA, dlsb), Excel, Word, PowerPoint, PSD, FLA, program browsing internet dan semua program lainnya akan terbuka oleh Windows Media Center.

Sangat mengesalkan bukan!

Bagi anda semua yang mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir. Ada trik sederhana yang dapat anda pakai untuk fix masalah tersebut.

  1. Download file registry untuk fix extenstion registry (.reg) di sini, kemudian extrak ke hardisk atau media penyimpanan lainnya.

    Tujuan menggabungkan file ini adalah agar semua value yang terdapat pada file berekstensi “.reg” berhasil digabungkan semua (karena program registry “regedit.exe” masih terbuka oleh Windows Media Center).

  2. Setelah terekstrak, klik kanan pada “reg_fix_w7.reg”, pilih “Merge”. Jika keluar kotak dialog konfirmasi bahwa file berhasil digabungkan, restart komputer anda.
  3. Nah setelah extensi “.reg” sudah di fix, sekarang dowload file untuk fix ekstensi “.exe” di sini. Ektrak filenya, ada dua file (“exe_fix_w7.reg” dan “exefix_vista.reg”), sesuaikan dengan sistem operasi yang anda pakai.

    Klik kanan dan pilih “Merge”, setelah file berhasil digabungkan restart komputer anda.

  4. Nah… sampai di sini, semua program sudah dapat dijalankan dengan normal. Namun ada satu masalah, icon program masih tetap menggunakan icon Windows Media Center.

    Cara paling gampang, gunakan tool ini untuk merubah iconnya. Install di komputer anda, kemudian jalankan program.

Selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar